gejala kutil kelamin

Kenali Gejala Awal Kutil Kelamin Agar Proses Penyembuhan Lebih Mudah

Kutil kelamin menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya saat ini. Pasalnya, cukup banyak orang yang mengalami masalah yang satu ini. Padahal, penyakit ini relatif mudah untuk dicegah. Karena kurangnya pengetahuan, maka banyak orang yang terkena penyakit ini.

Kutil umumnya ada di bagian tubuh lain selain di alat kelamin. Namun, ternyata ada juga kutil yang tumbuh di bagian alat kelamin. Dan ini bisa dialami oleh laki-laki dan perempuan.

Ini dikatakan penyakit berbahaya karena penyakit yang satu ini bisa menular melalui hubungan seksual. Jadi, ini sangat penting bagi siapa saja untuk mengetahui apa itu kutil kelamin, apa gejala-gejala yang muncul, serta bagaimana cara penanganannya.

Mengenal Apa Itu Kutil Kelamin

Sebenarnya, tidak ada yang beda antara kutil biasa dengan kutil yang ada di bagian alat vital. Ini berupa benjolan kecil. Hanya saja, benjolan tersebut ada pada alat kelamin.

Ada juga kasus di mana benjolan tersebut muncul pada dubur. Dalam dunia medis, ini juga dikategorikan dalam kutil kelamin.

Yang membedakan antara kutil di alat vital dengan kutil di organ tubuh lainnya itu satu, yaitu ukuran benjolan. Benjolan yang ada di alat kelamin tidak mudah dilihat oleh kasat mata. Maka dari itu, butuh alat medis untuk melakukan deteksi. Yang Anda rasakan hanya gatal-gatal yang luar biasa pada daerah alat kelamin Anda.

Menurut ahli medis, virus yang menjadi penyebab kutil kelamin ini. Nama virusnya adalah human papillomavirus (HPV). Karena penyakit disebabkan oleh virus, cara pencegahan yang sering dilakukan adalah dengan memberikan suntik imunisasi HPV.

Sayangnya, beberapa orang tidak mendapatkan imunisasi ini. Selain itu, banyak juga orang yang tidak mengerti bagaimana cara penyebaran virus ini. Menurut keterangan dokter, virus ini bisa menyebar atau menular melalui hubungan seksual. Jika salah satu pasangan mengalami penyakit kutil kelamin, besar kemungkinan pasangannya terinfeksi.

Gejala Paling Awal yang Sering Muncul

Pengetahuan menjadi sangat berharga jika berbicara tentang penyakit menular seksual seperti ini. Salah satunya adalah pengetahuan tentang gejala-gejala yang paling awal muncul.

Setidaknya ada tiga gejala penyakit kutil kelamin. Yang pertama adalah rasa gatal. Ini bisa disebabkan karena virus HPV. Namun, bisa juga disebabkan karena bakteri atau kuman diakibatnya kurang memperhatikan kebersihan alat kelamin.

Yang kedua, munculnya sensasi panas di area alat vital. Dan yang ketiga adalah pendarahan. Seringkali pasien yang benar-benar sudah terkena kutil di kelamin mengalami pendarahan. Ini biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual.

Sebelum terjadi pendarahan, sebaiknya seorang pasien langsung berkonsultasi dengan dokter kelamin. Ini sangat penting sekali agar proses penyembuhan lebih cepat dan lebih mudah. Jangan sepelekan rasa gatal pada alat kelamin. Bisa saja itu tanda penyakit kutil kelamin.

Penyakit Komplikasi yang Mungkin Terjadi

Penularan secara seksual yang paling berbahaya. Jadi, ketika Anda memiliki masalah kutil di kelamin, ada kemungkinan pasangan Anda tertular.

Lebih parah lagi, ada komplikasi yang menyertai. Menurut penelitian medis, kutil pada alat vital ini bisa menjadi penyebab kanker pada area kemaluan. Salah satunya adalah kanker serviks yang merupakan kanker yang bisa menyebabkan kematian.

Bagi wanita, kutil di area vagina bisa mengganggu proses kehamilan. Terutama ketika proses persalinan normal dilakukan. Karena adanya benjolan di area vagina, maka kemungkinan akan terjadi infeksi pada bayi yang dilahirkan.

Penyebaran yang begitu mudah melalui hubungan seksual dan penyakit komplikasi menyertai seharusnya sudah cukup menjadi warning. Ini bukan penyakit yang patut untuk disepelekan. Jika muncul gejala-gejala kutil kelamin, segera lakukan diagnosis. Ini penting untuk mengetahui kepastiannya.

Cara Melakukan Diagnosis Kutil Kelamin

Seperti penjelasan sebelumnya, kutil di alat vital ini sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan kasat mata. Untuk itu, Anda hanya perlu tahu gejala-gejalanya saja. Jika muncul gejala seperti gatal dan sensasi panas pada alat kelamin, sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter. Diagnosis perlu dilakukan.

Ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh seorang dokter kelamin.

  1. Wawancara

Ini hal pertama yang akan dilakukan. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda. Pertanyaan tersebut terutama terkait dengan riwayat seksual.

  1. Pemeriksaan Fisik

Diagnosis selanjutnya adalah dengan memeriksa secara fisik. Ini akan semakin meyakinkan apakah benar ada kutil kelamin atau gatal-gatal yang Anda rasakan itu hal yang biasa, bukan disebabkan oleh virus penyebab kutil di area kelamin

  1. Shave Biopsy

Ini proses di mana dokter akan mengangkat bagian kecil kutil. Bagian kecil tersebut akan diteliti di laboratorium. Dari sana akan diperoleh informasi mulai dari status kutil serta jenis obat kutil yang tepat untuk diberikan.

Setidaknya tiga prosedur tersebut yang akan dilakukan. Jika perlukan, ada kemungkinan juga dokter akan melakukan diagnosis penunjang lainnya

Beberapa Pilihan Pengobatan Kutil Kelamin

Sekarang ini, dunia kesehatan semakin canggih. Obat-obatan semakin bervariasi dan alat medis semakin berteknologi tinggi. Hal ini memungkinkan berbagai jenis penyakit bisa lebih mudah disembuhkan. Tak terkecuali penyakit kutil kelamin ini.

Setidaknya ada 5 tindakan medis atau pengobatan yang bisa dilakukan.

  1. Mengkonsumsi Obat

Ada obat khusus untuk mengatasi masalah kutil di kelamin. Dan ini juga yang biasanya disarankan oleh dokter. Pasien akan diperiksa lalu diberikan resep obat kutil kelamin sesuai dengan level penyakit yang diderita.

  1. Operasi Kutil Kelamin

Ketika obat-obatan saja dirasakan tidak mampu, maka tindakan operasi kutil kelamin akan dilakukan. Biasanya, tindakan ini dilakukan ketika kutil berukuran cukup besar. Kutil akan dipotong dengan cara operasi.

  1. Krioterapi

Ini tindakan medis yang dilakukan untuk membekukan kutil. Dengan cara ini, diharapkan kutil di area kelamin tidak membesar dan mati. Metode ini diterapkan dengan menggunakan nitrogen cair. Ini dikatakan cara pengobatan kutil kelamin yang sangat efektif dengan efek samping yang rendah.

  1. Pengobatan dengan Menggunakan Laser

Bisa dikatakan ini merupakan metode yang modern. Bahkan, beberapa dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan laser jika cara yang lain tidak berhasil menghilangkan kutil. Bagian alat kelamin akan diolesi dengan krim mati rasa terlebih dahulu sebelum tahap pengobatan dilakukan.

  1. Electrodesiccation

Hampir sama dengan laser, yaitu dengan mematikan sel yang menyebabkan kutil. Hanya saja, caranya dengan menggunakan arus listrik. Sebelum dilakukan pengobatan ini, pasien akan dibius lokal agar tidak merasa sakit.

Itulah beberapa pengobatan kutil kelamin yang bisa dilakukan. Tindakan medis diberikan sesuai dengan penyakit kutil yang Anda alami. Jadi, setiap pasien kemungkinan akan mendapatkan tindakan penyembuhan yang berbeda.

Artikel Terbaru

gejala kutil kelamin

Kenali Gejala Awal Kutil Kelamin Agar Proses Penyembuhan Lebih Mudah

kencing nanah

Kencing Nanah Bisa Cepat Disembuhkan Asal dengan Cara yang Tepat

Kategori Artikel

Klinik Purnama Spesialis Penyakit Kulit & Kelamin

logo footer website