kencing nanah
|

Kencing Nanah Bisa Cepat Disembuhkan Asal dengan Cara yang Tepat

Kencing nanah sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya. Pasalnya, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cukup mudah. Asalkan tahu cara yang tepat, maka masalah kesehatan yang satu ini bisa diselesaikan dengan sangat mudah.

Yang menjadi berbahaya adalah penularannya. Ini termasuk penyakit menular seksual. Artinya, jika Anda terkena masalah kencing nanah, ada kemungkinan pasangan Anda juga tertular.

Karena menular seperti inilah kencing nanah atau yang juga disebut dengan gonore tidak boleh dianggap remah. Siapa saja, termasuk Anda, harus tahu bagaimana cara mengobatinya.

Kencing Nanah Tak Bergejala

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengobati kencing nanah, ada baiknya Anda pahami satu hal ini. Ternyata, tidak semua pasien yang terkena masalah ini merasakan ada gejala.

Mungkin Anda menganggap mereka yang mengalami gonore itu selalu buang air kecil disertai dengan nanah. Faktanya tidak. Ada juga yang tidak bergejala. Mereka biasanya adalah kaum wanita. Mereka bisa terkena gonore tanpa ada gejala serius seperti munculnya nanah.

Akan tetapi, justru tidak adanya gejala tersebut yang berbahaya. Bagi seorang ibu hamil yang ternyata terkena kencing nanah, penyakit ini bisa menular pada bayi. Saat proses persalinan normal, bayi akan terinfeksi.

Itulah mengapa penting sekali bagi siapa saja untuk menjaga kebersihan alat kelamin. Tidak hanya bagi wanita tapi juga pria. Hal ini disebabkan penyakit ini kadang tak bergejala dan menular ke orang lain, entah itu pasangan atau bayi yang dilahirkan.

Gejala Gonore yang Sering Muncul

Sebenarnya, gejala kencing nanah itu keluarnya nanah saat buang air kecil. Ini gejala yang paling sering muncul pada pria yang mengalami penyakit ini.

Selain itu, ada juga yang tidak mengeluarkan nanah. Ada yang hanya merasakan perih setiap kali buang air kecil. Jika rasa perih tersebut sering muncul atau semakin terasa parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Sementara itu, bagi seorang wanita, ia harus ekstra hati-hati. Selain menjaga kebersihan vagina, sebaiknya setiap wanita melakukan medical checkup, terutama kesehatan vagina. Karena bisa juga ia sudah menjaga kesehatan namun ia tertular dari sang suami.

Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Gonore

Memang tidak semua orang berisiko terkena kencing nanah. Menurut survei, mereka yang sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman mengalami masalah ini. Misalnya saja sering berganti pasangan. Selain itu, mereka berhubungan seks tanpa menggunakan kondom.

Sebenarnya, bukan hubungan seksnya yang menyebabkan gonore. Ini lebih disebabkan mereka tidak tahu dengan siapa mereka melakukan hubungan seks. Karena bisa saja yang diajak berhubungan seks sudah mengalami penyakit kencing nanah. Hingga akhirnya menular ke orang lain. Inilah yang menjadi alasan mengapa sering berganti pasangan dan seks bebas disebut salah satu penyebab gonore.

Selain itu, bukan tidak mungkin juga orang yang setia dengan pasangannya juga mengalami masalah ini. Hanya saja, faktor penyebabnya yang berbeda. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam melakukan hubungan seks. Ada yang memilih gaya oral seks. Ini menjadi favorit bagi beberapa orang. namun, ternyata oral seks ini juga yang sering menjadi pemicu munculnya masalah kencing nanah.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari berganti pasangan. Selain itu, bagi pasangan suami istri, sebaiknya lakukan hubungan seks yang aman.

Cara Mendiagnosis Kencing Nanah

Pertanyanya adalah apakah semua yang merasakan perih saat buang air kecil itu pasti mengalami gonore? Jawabannya tidak. Jika sudah muncul nanah saat buang air kecil, kemungkinan besar itu adalah gonore. Akan tetapi, jika gejalanya hanya rasa perih, maka belum tentu orang tersebut terkena gonore.

Oleh sebab itu, tindakan diagnosis diperlukan. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis alat kelamin. Dokter biasanya akan melakukan beberapa prosedur pemeriksaan sebagai berikut:

  1. Tanya Jawab

Sebelum melakukan pemeriksaan yang lebih serius, dokter biasanya akan melakukan tanya jawab. Dokter akan bertanya seputar kebiasaan berhubungan intim.

  1. Pemeriksaan Fisik

Jika dari tanya jawab disimpulkan ada potensi seseorang mengalami masalah kencing nanah, dokter akan melanjutkan ke proses pemeriksaan fisik. Caranya adalah dengan mengambil sample cairan dari alat vital, entah itu vagina atau penis.

Kemudian, dokter akan membawa sample cairan tersebut ke laboratorium. Dari sanalah dokter akan mendapatkan kesimpulan apakah seseorang terkena gonore atau tidak. Selain itu, dokter juga bisa memberikan masukan tentang pengobatan apa yang paling tepat untuk diberikan.

Maka dari itu, penting sekali bagi siapa saja untuk konsultasi dengan dokter. Jangan biarkan rasa perih yang Anda rasakan begitu saja. Rasa perih itu bisa menjadi gejala awal kencing nanah. Jangan sampai nanah keluar ketika buang air kecil. Karena jika gejala ini sudah muncul, butuh waktu lebih lama untuk proses pengobatan.

Metode Pengobatan Kencing Nanah

Tidak sulit untuk mengobati gonore. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik. Yang menjadi masalah adalah antibiotik apa yang harus diberikan. Selain itu, takarannya juga harus pas.

Untuk itu, konsultasi menjadi sangat penting. Pemeriksaan perlu dilakukan agar dokter bisa memberikan resep antibiotik yang pas. Dengan demikian, kencing nanah yang seseorang alami bisa cepat untuk disembuhkan.

Menyembuhkan gonore sebenarnya tidak sulit. Dan butuh waktu yang tidak lama untuk bisa sembuh. Bahkan, ada juga pasien yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, alangkah baik jika ada bantuan dari dokter. Ini penting agar tidak terjadi komplikasi. Pasalnya, ada kemungkinan komplikasi bisa terjadi, seperti luka pada saluran kencing pria.

Sementara itu, komplikasi bagi wanita lebih berbahaya. Kencing nanah bisa menular ke bayi yang dilahirkan secara normal. Selain itu, ada juga kemungkinan terjadinya radang panggul serta sumbatan pada saluran telur. Apa yang terjadi? Wanita yang mengalami masalah ini berpotensi mengalami kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.

Itulah informasi yang perlu Anda pahami mengenai kencing nanah. Mulai sekarang, diharapkan Anda bisa melakukan antisipasi atau pencegahan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hindari berganti pasangan dan lakukan hubungan seksual yang aman. Itu kunci pencegahan yang sangat penting.

Artikel Terbaru

gejala kutil kelamin

Kenali Gejala Awal Kutil Kelamin Agar Proses Penyembuhan Lebih Mudah

kencing nanah

Kencing Nanah Bisa Cepat Disembuhkan Asal dengan Cara yang Tepat

Kategori Artikel

Klinik Purnama Spesialis Penyakit Kulit & Kelamin

logo footer website